Antara Keras Kepala dan Fleksibel


Bila ditanyakan pilih yang mana, jawabannya pasti fleksibel. Keras kepala memang punya konotasi yang negatif. Padahal bersikap keras kepala atau fleksibel itu tergantung dengan situasi yang dihadapi. Tidak semuanya harus fleksibel dan lentur. Dan tidak juga semuanya harus keras dan tegas.

Sebuah mahfudzot pernah menyebutkan, "Janganlah bersikap lemah sehingga kau diperas. Jangan bersikap keras hingga dipatahkan." Maksud yang kutangkap dari mahfudzot ini adalah agar kita berada dalam pertengahan. Tidak terlalu lembek sehingga selalu menjadi korban. Tapi juga tidak terlalu keras sehingga mematahkan hubungan yang sudah ada.

Tapi bagaimana yang pertengahan itu? Kapan kau harus bisa fleksibel dan kapan harus keras dan tegas?

Dalam buku Built to Last, ada sebuah kondisi yang mungkin bisa menjelaskan kapan harus fleksibel dan kapan harus keras kepala. Perusahaan yang kuat dan besar dalam buku itu punya kebiasaan yang aneh.

Mereka memilki nilai, misi inti yang menjadi alasan perusahaan ini muncul. Nilai dan misi inti ini tetap, tak berubah. Dan perusahaan-perusahaan ini meyakini dan mempertahankan nilai dan tujuan tersebut.

Tapi di sisi lain, ada juga strategi, sistem dan metode yang harus berubah mengikuti perubahan jaman. Di satu sisi, ada keras kepala saat berhubungan dengan nilai dan tujuan. Dan ada juga yang fleksibel mengikuti perubahan.

Menjadi fleksibel itu penting bila menyangkut sesuatu yang memang harus mengikuti jaman. Tapi harus tetap tegas bila menyangkut sesuatu menjadi nilai dan tujuan inti.

Jangan sampai terbalik. Ketika menyangkut nilai dan tujuan yang penting malah fleksibel. Dan ketika menyangkut masalah yang menyesuaikan dengan kondisi malah dipertahankan mati-matian.

Bagaimana denganmu Kawan? Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s