Apa Sih yang Membuat Orang Jadi Menawan?


Kalau ada yang menjawab dengan wajah yang ganteng dan cantik itu benar. Tapi hanya pada pandangan pertama. Pada pandangan selanjutnya, ketiga, keenam dan kesebelas ada faktor lainnya.

Kalau ada yang menjawab karena kekayaannya, itupun benar. Tapi hanya saat ia gemar berbagi dengan yang lainnya. Masih ada syarat lain di luar kekayaan untuk menjadi orang yang menawan.

Kalau ada yang menjawab karena kekuasaanya, itu juga benar. Tapi hanya pada saat tidak ada orang lain yang lebih berkuasa dari dirinya. Maka kekuasaan juga tidak cukup menjadi orang yang menawan.

Dari tiga keadaan di atas, tidak ada yang bisa berdiri dengan sendiri untuk menjadi orang yang menawan. Bahkan bila wajah dan fisik prima, kekayaan luar biasa dan kekayaan tidak ada bandingnya bersatu, tetap membutuhkan syarat lain untuk bisa jadi orang yang menawan.

Sebuah mahfuzot menegaskan, "keindahan sejati itu bukan dari pakaian yang menghiasi, tapi keindahan sejati berasal dari ilmu dan akhlak terpuji.

Ini terbukti. Tanpa kelebihan fisik, harta dan jabatan manusia bisa menawan, indah, bahkan jadi panutan.

Luqman Al Hakim itu seorang budak berkulit hitam. Tapi ia dimuliakan karena ilmu dan akhlaknya. Kisah seorang yang berlari dari sudut kota di Surah Yaasin adalah seorang miskin yang memiliki kusta. Tapi ia mendapat surga. Ada juga seorang pemuda pengurus kuda kaumnya dengan penyakit kusta. Umar ra. diperintah Rasulullah untuk minta didoakan olehnya.

Subhaanallah. Yang menjadikan orang menawan memang bukan wajah, pakaian, harta dan jabatan. Tetapi ketinggian ilmu kebaikan akhlak.

Bagaimana denganmu?
Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s