Mana Bagian Terkuat Dirimu yang Tak Terkalahkan?


Sun Tzu berkata, “Kau bisa memastikan keberhasilan serangan bila kau menyerang tempat yang tidak dipertahankan. Kau bisa memastikan keberhasilan pertahanan bila kau mempertahankan tempat yang tak bisa diserang.”

Apa yang disampaikan Sun Tzu ini mengingatkanku tentang apa itu strategi. Ada juga istilah lain yang hampir mirip yakni “competitive advantage”. Contoh dalam bisnis yang sering digunakan adalah kesuksesan Southwest Airlines.

Menghadapi persaingan yang berat dalam industri pesawat terbang malah membuat mereka jadi raja. Padahal, mereka tidak menyajikan makanan. Pramugari yang bertugas juga tidak berseragam. Jalur penerbangan juga pendek.

Siapa yang menyangka bahwa fakta-fakta yang sering dianggap lemah malah membuat mereka kuat. Itulah yang namanya competitive advantage. Dari sekian banyak pilihan dan kombinasi keunggulan perusahaan, Southwest Airlines sengaja memilih kombinasi aneh di atas.

Dengan kombinasi ini, banyak yang sudah mencoba meniru. Tapi hingga sekarang belum ada yang sukses. Tidak harus sama persis seperti mereka tapi intinya, harus ada pilihan. Southwest Airlines memilih tidak bersaing dengan maskapai dengan yang rute terbangnya jauh.

Bila di Indonesia ada rute terbang antar pulau antar propinsi, maka Southwest Airlines memilih penerbangan satu pulau antar propinsi. Maka harga harus yang murah, cepat, jumlah armada banyak meski kapasitas penumpang lebih sedikit. Karena saingan mereka bukan lagi sesama maskapai penerbangan tapi transportasi darat macam bus dan kereta api.

Dan pilihan itu adalah pertahanan mereka yang tidak bisa ditembus oleh maskapai lain. Lalu bagaimana dengan perusahaanmu? Bisnismu? Lembaga sosialmu? Dirimu?

Sudahkah kau memutuskan pilihan-pilihan yang membuatmu kuat dan bertahan dengan kokoh? Atau kau selama ini baru sekedarnya. Belum tahu apa kelebihan yang akan membuatmu hebat.

Karena bila kau tidak tahu apa kelebihanmu, kau belum tahu apa bagian dirimu yang tak bisa dikalahkan. Dan bila itu terjadi kau akan banyak mendapatkan serangan. Segera temukan dan pilih apa kehebatanmu kawan?
Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s