Yang Menolongmu dalam Kedhaliman Sebenarnya Mendholimimu


Ketika awal mendapat mahfudzot ini selalu terbayang contekan. Aku termasuk orang yang tidak punya banyak teman akrab. Salah satu alasannya mungkin karena aku tidak ingin berbagi jawaban dengan teman.

Walaupun aku sadar alasanku tidak semulia mahfudzot di atas. Bila mahfudzot di atas mengingatkan agar tidak mendholimi orang lain, niatku tidak memberi jawaban lebih karena jengkel. Bagaimana mungkin aku memberi jawaban? Ketika aku harus belajar rutin tiap malam, sementara mereka hanya mendapatkan jawaban tanpa usaha. "Enak sekali!" Pikirku.

Barulah sekarang aku mengerti maksudnya. Mendholimi orang karena bekerja sama dalam kejahatan, balasannya mungkin tidak di dunia. Malah, orang-orang ini bisa jadi malah terlihat meraih sukses dengan harta banyak, kedudukan tinggi dan keluarga yang menyenangkan.

Tapi bila kau baca dalam Al Quran kisah percakapan antara partner kejahatan, barulah ini namanya mendholimi.

Orang-orang yang masuk neraka berdoa, "Ya Allah, berikanlah orang-orang yang menyesatkan kami siksaan lebih dahsyat dari kami. Karena perbuatan mereka kami menjadi penduduk neraka."

Tapi yang dianggap pelopor kejahatan kemudian menyahuti, "Sudahlah, mari sama-sama menikmati siksaan neraka ini. Karena itu adalah karena dirimu sendiri. Bukan salahku."

"Tapi bukankah kau yang mengajak kami? Kau yang memaksa kami? Kau yang memerintahkan kami?" Jawab yang merasa didholimi.

"Meski kami mengajak, memaksa dan memerintahkan, tapi kau khan bisa menolak. Sudahlah, tidak usah menyalahkan yang lain. Karena sebenarnya dirimu sendiri yang mau diajak, dipaksa dan diperintah. Itu adalah salahmu."

Maka Kawan, bila ada yang mengajakmu bekerja sama dalam kejahatan, jangan tertipu. Jangan anggap bahwa ia akan menanggung dosamu. Ia sebenarnya sedang mendholimu karena berusaha menjadikan dirimu masuk ke neraka bersamanya.

Wahai Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Dan hindarkan kami dari siksa neraka.
Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s