Biasa atau Cinta yang Membuatnya Mudah?


Sebuah mahfudzot berbunyi, “Al ‘amalu yaj’alush sho’ba sahlan” yang artinya, amal membuat apa yang susah itu menjadi mudah. Atau paling tidak bahasa gampangnya, bisa karena biasa.

Memang terasa sekali bahwa melakukan sesuatu pertama kali pastilah sulit. Pertama kali memasak, pertama kali menulis, dan berbagai aktivitas pertama kali lainnya. Intinya yang pertama kali itu pasti susah.

Dan dengan beriringnya waktu, dengan seringnya pekerjaan itu dilakukan, maka semakin mudah terasa. Padahal yang dilakukan sama antara ketika pertama dan kesepuluh sama. Yang membedakan adalah pelakunya.

Yang melakukan pekerjaan telah berbeda pengaturan tubuhnya. Otaknya sudah memiliki pengalaman, otot tubuhnya sudah bisa menyesuaikan. Sehingga hasilnya, yang dulu susah kini terasa mudah.

Biasa membuat sesuatu menjadi mudah.

Tapi ini belum selesai. Ada juga yang mengatakan bahwa cinta membuat semua menjadi mudah. Tapi benarkah itu?

Aku tidak sepakat bahwa cinta itu membuat sesuatu menjadi mudah. Aku malah menganggap bahwa cinta itu membuat sesuatu menjadi bermakna. Tidak hanya sekedar mudah.

Ini dua ukuran yang berbeda. Mudah itu ada di pikiran dan tubuh. Sementara cinta itu ada di perasaan dan hati. Walaupun kadang sering tertukar, tapi yang kuyakini, cinta itu lebih dari sekedar mudah dilaksanakan.

Ketika orang semakin sering melakukan sebuah pekerjaan, maka ia akan menghabiskan sedikit tenaga untuk menyelesaikannya. Tapi tidak dengan cinta. Ketika orang melakukan pekerjaan dengan cinta, semakin ia merasa perlu menyempurnakannya.

Sebagai gambaran, bila seorang pemahat sering memahat, maka di satu masa, ia bisa melakukan pahatan dengan efisien dan menghasilkan karya yang indah.

Tapi orang yang cinta dengan seni memahat, tidak saja ia memiliki kemampuan yang efektif dan efisien, ia juga meningkatkan tingkat kesulitan memahat, mencoba menemukan teknik-teknik baru dalam memahat, dan lain sebagainya.

Membiasakan memang membuat mudah, tapi cintalah yang membuat sesuatu bermakna. Wallahu a’lam.

One thought on “Biasa atau Cinta yang Membuatnya Mudah?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s