Sabar untuk Berubah


Bismillah, Sahabat, di tulisan perdana setelah Idul Fitri ini aku ucapkan "taqobbalallahu minnaa wa minkum", semoga Allah menerima amalku dan amal kalian di bulan Ramadhan lalu.

Kenapa berbicara tentang sabar? Karena aku ingin mengingatkan diri sendiri. Hampir selama dua bulan terakhir aku tidak sabar, bahkan sempat putus asa.

Aku dengan sangat bersemangat di awal tahun 2015 ingin memulai perubahan. Maka, aku pun menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan oleh perubahan itu. Harapanku sangat tinggi.

Setelah empat bulan berjalan, kulihat belum ada tanda-tanda berubah. Tiba-tiba saja aku sudah merasa loyo dan putus asa. Nafasku.sudah tersengal-sengal. "Kenapa ingin menjadi lebih baik kok susah sekali?"

Aku lupa bahwa merubah kebiasaan itu memang susah. Sudah alamiah bahwa mengganti kebiasaan itu rumit. Kebiasaan yang sudah tertanam dalam diri selama bertahun-tahun tidak bisa dirubah dalam waktu 6 bulan.

Hasil perubahan itu baru bisa dirasakan setelah puluhan tahun. Sebagaimana penemu Helycobacter Pylori, bakteri penyebab sakit Maag, baru dianugerahi Nobel 20 tahun setelahnya.

Buah perubahan itu terlihat setelah waktu yang lama. Tapi prosesnya harus dimulai segera. Dan kesabaran untuk memulai proses berubah menjadi kunci penting. Apakah aku masuk dalam pondasi perubahan atau hanya sekedar penonton yang melihat dan berkomentar saja?

Karena semua yang ada di.dunia ini pasti berubah. Tapi agar berubah menjadi lebih baik, itu yang butuh perjuangan. Ayo kembali menjadi bagian dari perubahan kebaikan. Dan yakinlah bahwa hasilnya baru terlihat puluhan tahun setelahnya. Bahkan bisa jadi terwujud setelah kita tidak ada. Agar kau tak cepat lelah dan putus asa. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

