Kerjakan Saja Dulu


Aku seringkali mempertimbangkan terlalu banyak. Sehingga tak jarang rencana-rencana yang ada malah tak terlaksana. Maka kadang yang penting itu adalah "Kerjakan Saja Dulu".

Sebuah mahfudzot berbunyi, "al ‘amalu yaj’alush sho’ba sahlan", yang artinya, amal itu menjadikan yang sulit menjadi mudah. Nah ternyata dalam kondisi kekinian, hal ini dikenal dengan sebutan Progress Principle.

Progress Principle adalah sebuah judul buku yang bercerita tentang bagaimana cara membuat karyawan, staf, bahagia dan menyukai pekerjaan. Bagaimana garanya?

Aneh, tapi Teresa Amabile, pengarang buku itu yang sekaligus seorang peneliti menganjurkan caranya adalah dengan bekerja. Iya bekerja. Bagaimana maksudnya?

Dalam sebuah pekerjaan pasti ada naik dan turunnya semangat. Nah ternyata dari penelitan Teresa Amabile tercatat bahwa dengan tetap bekerja, seseorang bisa kembali menemukan semangat.

Sebaliknya bila sebuah kejadian buruk terjadi dalam sebuah pekerjaan seperti PHK, efek negatifnya akan muncul tidak hanya pada orang yang terkena PHK, yang tidak terkena pun akan merasakan aura negatif. Ada ketidakpercayaan, saling curiga, tak yakin dengan manajemen dan lain sebagainya.

Kejadian-kejadian seperti ini tidak perlu dibahas terlalu panjang. Perlu disampaikan seperlunya apa yang menjadi pertimbangan, lalu kembalikan moral dan.semangat dengan bekerja.

Tapi tidak dengan pekerjaan biasa. Berikan pekerjaan yang membawa kesuksesan meski kecil, beri penghargaan terhadap kesuksesan itu.

Berikan perhatian seperti, bila ada yang lembur, sediakan makan malam, ngobrol dengan mereka. Hal-hal kecil begini bila dilakukan oleh manajeman atau pimpinan akan berdampak besar bagi rasa cinta karyawan pada pekerjaannya. Mereka merasa dihargai.

Di luar Progess Principle, menurut pengalaman pribadiku, kadang bayangan sulitnya pekerjaan itu hilang dengan dikerjakan. Semua itu hanya kekhawatiran yang terlalu berlebihan. Setelah kukerjakan, yang sebelumnya mengkhawatirkan tidak terbukti.

Kalaupun setelah dikerjakan dan kekhawatiran itu terjadi, efeknya tidak sebagaimana yang dibayangkan. Ya minimal aku sudah melakukannya. Pasti ada pelajaran di dalamnya. Pahit setelah dikerjakan itu tidak sepahit bila hanya dibayangkan.

Ya, kerjakan saja dulu, jangan terlalu berlebihan mengkhawatirkan yang belum terjadi. Karena memang amal itu membuat yang sulit jadi mudah. Wallahu a’lam.

One thought on “Kerjakan Saja Dulu

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s