Mereka Tak Peduli Denganmu


Menurutku ini adalah inti dari sebuah marketing. Iya, pelanggan dan calon pelangganmu sebenarnya tidak peduli denganmu. Apapun yang kau lakukan untuk mereka, jangan harap mereka akan membalasnya.

Agak kejam, tapi itulah kenyataannya. Pelanggan adalah manusia yang paling egois. Mereka tidak memperhatikan kecuali diri mereka sendiri. Bahkan kalaupun mereka melakukan kebaikan kepadamu, itu sebenarnya bukan untukmu, tapi untuk diri mereka sendiri.

Ketika kau memberikan diskon bukan produkmu yang bagus, tapi mereka mendapat diskon, itulah keuntungan buat mereka. Dan karena alasan itu mereka memilih produkmu.

Ketika kau mendapat pelanggan baru bukan berarti mereka menganggap produkmu unggul. Mereka hanya sekedar mencoba apakah produkmu memberi solusi atas masalah mereka atau tidak. Bila produkmu berhasil memberi solusi, mereka akan dengan sangat senang karena masalah mereka terpecahkan. Bukan karena produkmu yang bagus.

Terserah kau mau beri diskon, pelayanan prima, hadiah, atau tidak, hal itu tidak banyak berarti bagi mereka. Bagi mereka, para pelangganmu, yang penting.jasamu, produkmu menyelesaikan masalah mereka.

Sebuah perusahaan kecap membuat produk kecap dengan cita rasa terbaik, tapi ia tidak tahu bahwa 90% calon pelanggannya tidak terlalu butuh dengan cita rasa. Yang mereka butuhkan, kecap standar dengan harga yang murah. Maka apakah produk perusahaan tersebut terbaik? Bisa jadi memang terbaik. Tapi apakah ia akan mendapat pelanggan? Kecil kemungkinannya.

Mulai sekarang bila kau ingin marketingmu sukses, pikirkan calon pelangganmu sebelum kau memikirkan produkmu. Seperti apa pelangganmu? Apa yang mereka butuhkan? Masalah apa yang mereka hadapi? Apakah produk dan jasamu membantu mereka? Bila tidak, sediakan uang yang bertumpuk untuk iklan yang penuh ketidakpastian. Atau.coba tengok kembali calon pelangganmu. Wallahu a’lam.

One thought on “Mereka Tak Peduli Denganmu

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s