Bila Membawa Penyesalan Berarti bukan Kebaikan


"Tak ada kebaikan dalam sebuah kenikmatan yang dikuti penyesalan." Itu mahfudzot saat ini.

Secara umum, kau dan aku sudah sama-sama tahu maksudnya. Penyesalan tak mungkin berasal dari kebaikan. Walau awalnya terasa nikmat.

Dan aku hampir saja terjebak dalam kenikmatan yang salah. Pilihan yang membawa penyesalan. Pilihan yang kumaksud adalah berkomentar di media sosial.

Euforia berkomentar ria ini baru dan masih akan bertahan lama. Dan aku termasuk orang yang masih harus belajar menahan nikmatnya.

Maklum, biasanya aku tidak pernah sanggup mengungkapkan pendapat. Bukan tidak punya, tapi tidak mampu atau tidak layak.

Ketika berpendapat dalam diskusi di dunia nyata, orang akan melihatku. Orang akan menilaiku. Mereka menentukan apakah aku ini benar-benar mampu atau sekedar unjuk gigi saja.

Media sosial, dunia maya, menurunkan kemampuan orang lain menilaiku. Sedikit yang tahu seperti apa diriku. Aku bisa berpendapat "sak enak udelku" tanpa khawatir.

Aku bisa menggunakan akun palsu, akun bayaran dan sebagainya. Ketika aku salah, cukup hapus, dan aku bisa memulai lembaran baru. Gampang.

Dan komentar tak kenal tanggung jawab itu nikmat. Sangat nikmat. Aku bisa menghina orang yang kubenci. Aku bisa menyanjung orang yang kusuka.

Padahal komentar itu juga amal. Dan amal itu dihitung. Kalau amal itu jelek maka bertambah dosanya. Kalau amal itu baik bertambah pahalanya.

Orang yang punya iman sadar itu. Ayat panduannya jelas. Hanya saja kadang saat iman lagi turun, orang kadang lupa. Bahwa komentar itu juga amal. Dan apa baiknya berkomentar bila nanti menambah timbangan dosa.

Nikmat yang membawa penyesalan itu bukan kebaikan tapi keburukan. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

