Apa yang Menakutkan dari Sebuah Perubahan?


Perubahan sebenarnya bukan sesuatu yang menakutkan. Ia terjadi setiap hari. Pagi ke siang adalah perubahan. Siang ke sore juga perubahan. Sebagaimana anak-anak menjadi dewasa juga adalah perubahan. Tidak ada yang menakutkan. Tapi pikiran manusia yang membuat perubahan menakutkan.

Kau yang sudah terbiasa dengan rutinitas tidak sadar bahwa perubahan terjadi tiap hari. Seakan-akan ada sesuatu yang membuat bahwa perubahan itu sesuatu yang heboh dan besar. Padahal sebenarnya, perubahan itu alami, sunnatullah.

Lalu bagaiman caranya agar perubahan tidak jadi menakutkan? Yang pertama tentu saja menyadari bahwa perubahan itu alami dan mesti terjadi. Semua kehidupan pasti mengalami perubahan bukan hanya dirimu.

Kedua, menyadari bahwa semua perubahan itu adalah takdir Allah. Semua perubahan sudah tertulis di Lauhul Mahfudz sebelum kau lahir ke dunia. Maka bila mendapati perubahan yang menyenangkan, tidak pantas kau berbangga diri. Karena memang itu takdir Allah. Kalau perubahannya tidak menyenangkan, kau tidak perlu berlama-lama bersedih, karena perubahan itu juga takdir Allah.

Ketiga. Sering manusia menjadi takut dengan perubahan karena memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan sebelumnya. Padahal kini kondisinya berbeda dengan dulu. Dan menjadi takut karena masa lalu tidak membantu sama sekali bagi dirinya. Maka, hilangkan rasa penyesalan di masa lalu. Jangan biarkan ia mengganggu pikiranmu.

Empat, perubahan juga memiliki ketidakpastian. Ada kekhawatiran. Padahal seringkali hal itu tidak terbukti. Kalaupun terbukti tidak menyenangkan, setelah terjadi, rasanya aku yakin tidak sesakit yang kau bayangkan. Yakinlah bahwa Allah tidak memberikan beban kepada hamba melebihi kemampuan hamba itu.

Terbukti sudah bahwa semua perubahan itu jadi menakutkan karena pikiran kita yang membuatnya menakutkan. Sementara perubahan itu sendiri adalah sebuah proses alami yang terjadi setiap hari. Perubahan itu bisa jadi menyedihkan atau bisa juga menyenangkan. Tapi ia tidak menakutkan. Karena memang sudah seharusnya kau tidak takut dengan sesuatu yang belum terjadi. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s