Belajar Bakat dari Daehan, Min Gook, Man Se


Bagi yang belum tahu, tiga nama di atas adalah nama dari tiga anak kembar. Mereka bertiga muncul dalam serial Korea, The Return of Superman. Serial ini berkisah tentang aktivitas ayah dan anak yang harus menghabiskan waktu bersama selama 48 jam tanpa ibu.

Apa hubungannya dengan bakat? Dalam salah satu episode, si ayah, Song Il Gook, membuat anak mereka berhadapan dengan mainan robot secara terpisah. Ia ingin melihat mereka mengungkapkan bagaimana sebenarnya perasaan terhadap si ayah.

Dan ketika aku melihat adegan ini. Subhaanallah, ketiga anak ini meskipun dilahirkan dari rahim yang sama, dibesarkan oleh orang tua yang sama, ternyata memiliki bakat yang berbeda. Oh iya, bagi yang belum tahu, bakat yang kumaksud di sini sebagaimana definisi Strength Finder (coba di-googling).

Antara Daehan, Min Gook dan Man Se ada bakat berbeda. Daehan adalah anak yang.patuh terhadap perintah ayahnya. Di antara ketiganya, Daehan yang sering membantu, baik saudaranya atau ayahnya. Min Gook adalah anak pembelajar. Ia selalu berhati-hati, tapi setelah memperhatikan, ia bisa menggunakan pengetahuannya di kesempatan yang lain.Sedangkan Man Se, adalah "free spirit" kata ayahnya,jiwa yang bebas. Ia selalu punya cara pandang yang berbeda. Ia seperti tidak memiliki rasa khawatir dengan sesuatu yang baru.

Maka kesimpulannya menurutku bakat itu adalah takdir Allah. Ada yang sudah diberikan sejak lahir. Tapi ada yang pula yang didapatkan dari pengaruh lingkungan. Keduanya adalah takdir. Dan karena bakat adalah bagaimana rangkaian proses manusia berpikir, bekerja, bersosialisasi dan mempengaruhi orang lain selama dia hidup, setiap orang itu unik.

Tayangan The Return of Superman, terutama dengan anak-anak kembar membuktikannya. Dan yang terpenting bukan mendidik anak agar punya bakat tertentu, tapi mengarahkan anak sesuai dengan bakat yang memang sudah dimilikinya. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s