Pernahkah Kau Setakut Ini?


Bagaimana rasanya bila kau berhadapan dengan ayahmu? Kau melakukan sesuatu yang salah. Kau sadar bahwa ia telah berkorban dan memberikan yang terbaik bagimu. Tapi sebaliknya, kau malah memberi rasa malu. Kau berkhianat dengan amanah yang diberikan kepadamu.

Ia bertanya, "Apa yang telah kau lakukan?"

Mulutmu tercekat. Kau tidak mungkin menjelaskan kesalahan yang kau lakukan. Kau sudah terlalu malu. Tapi kau juga tak bisa berbohong. Melakukan kesalahan ditambah berbohong menjadikan dirimu akan semakin jauh darinya. Bagaimana kau tega berbohong pada orang yang telah banyak memberimu kebaikan.

Itu baru dengan ayahmu, seorang manusia yang juga bisa melakukan kesalahan. Kebaikannya juga terbatas, hanya sebatas yang bisa ia lakukan. Di samping banyak kebaikan, ia juga bisa jadi punya banyak kekurangan.

Lalu bagaimana bila kau berhadapan dengan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang? Mampukah kau menjawab pertanyaan-pertanyaanNya? Apakah kau akan berbohong padahal kau sudah tahu Ia Maha Mengetahui. Tidakkah kau malu dengan semua yang telah kau nikmati di dunia? Betapa banyak maksiat yang kau lakukan. Dan betapa sedikit ketaatan yang kau lakukan.

Maka bila kau hendak mempertaruhkan nafsu, ingatlah kejadian bila berhadapan dengan Rabb-Mu. Tidakkah kau takut dan malu dengan semua nikmat yang Ia berikan kepadamu? Takut kalau-kalau bila kau menjawab jujur bahwa banyak maksiat yang kau lakukan Ia akan memberikan balasan berupa adzab neraka yang pedih (na’udzu billah min dzalik). Wallahu a’lam.

"Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)" (QS. An Naazi’aat: 40-41)

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s