Kau (masih) Bisa Jadi Pahlawan


Jangan khawatir sahabat. Kau masih bisa jadi pahlawan meski tanpa kekuatan super. Banyaknya film superhero selama lima tahun terakhir tidak membuat pahlawan dunia nyata juga harus super.

Jangan sampai kau memiliki anggapan bahwa satu-satunya pahlawan adalah superhero. Bukan. Mereka hanya tokoh ilusi. Mereka hanya karakter khayalan yang muncul untuk mencari keuntungan.

Mari melihat kembali para pahlawan di dunia nyata. Sebutkan nama-nama mereka dan aku yakin tidak akan ada satupun yang badannya anti peluru. Sebaliknya, mereka menjadi pahlawan saat mereka terluka atau meninggal.

Soekarno-Hatta, pahlawan kemerdekaan Indonesia tidak punya kekuatan super. Jenderal Soedirman malah terserang TBC saat memimpin perang gerilya. Bahkan seorang pahlawan dunia Islam, Syaikh Ahmad Yasin, adalah seorang yang tak lagi sempurna. Nyata dan terbukti pahlawan tidak butuh kekuatan super.

Alim ulama, sahabat nabi dan bahkan sebagian besar nabi dan rasul Allah sendiri tidak punya kekuatan super. Kalaupun ada mukjizat, itu hanya seijin Allah. Mukjizat muncul juga bukan keinginan nabi atau rasul tapi atas ijin Allah. Saat berjuang atau berdakwah, mereka tetap dihina, diusir, bahkan diperangi. Tapi nama-nama mereka tetap abadi. Mereka itulah pahlawan yang sejati.

Bagaimana mereka menjadi pahlawan? Jawabannya adalah kebaikan mereka yang sangat besar sehingga kekurangan mereka tertutupi. Sebagai manusia, tetap ada kelemahan pada diri mereka. Tapi manfaat mereka kepada sesama jauh lebih besar.

Dan kau masih bisa mencontoh mereka sebanyak apapun kekurangan yang kau miliki. Karena kau manusia mereka juga manusia. Perbanyak manfaat yang bisa kau berikan dibanding kesalahan yang kau lakukan. Beri manfaat kepada keluargamu. Beri manfaat kepada lingkunganmu. Beri manfaat ke sebanyak mungkin orang. Maka kau akan menjadi pahlawan. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s