Inikah Alasan Kenapa Banyak Orang Tertipu?


Aku mengira orang yang banyak menyumbang itu pasti baik. Ternyata aku tertipu. Banyak juga penjahat yang menyumbang dalam jumlah besar. Aku mengira orang yang paham agama tidak akan melakukan maksiat. Tapi aku juga tertipu. Ternyata ada juga ahli ilmu agama yang menyebarkan kesesatan.

Kau pasti juga pernah mengalaminya. Kau mengira bahwa orang yang parasnya cantik atau tampan pastilah memiliki akhlak yang baik. Tapi, kenyataannya, yang banyak terjadi malah sebaliknya. Orang yang berparas ayu dan ganteng tidak jarang lidahnya mengeluarkan bisa.

Manusia gampang terpana dengan penampilan. Aku pernah melihat sendiri, seseorang yang mengenakan surban dan jubah, bergegas keluar setelah tampil di stasiun tivi untuk menikmati rokok. Aku masih merasa rokok dengan surban dan jubah tidak cocok. Aku hanya melongo melihatnya. Aku.tertipu.

Dalam mahfudzot, ada perkataan, "Tidak setiap yang mengkilat itu emas." Karena di dunia ini tidak hanya emas yang mengkilat. Ketika terkena sinar matahari, plastik jadi mengkilat. Begitu juga semua benda yang dilapisi cat berwarna emas atau perak.

Manusia juga tidak jauh berbeda. Seringkali mengkilat yang dilihat orang itu hanya sekedar cat berwarna emas atau perak. Catnya bisa bermacam-macam. Pakaian yang mewah, terlihat sopan, terlihat bersih bisa jadi hanyalah cat. Kendaraan, harta bahkan perilaku yang ditampilkan bisa jadi hanya cat, bukan diri yang sebenarnya.

Banyak contoh manusia yang secara fisik tidak mengkilat, padahal ia adalah emas. Masih ingat kisah Uwais Al Qarni. Secara fisik ia hanya pengurus unta dan kuda. Tangannya juga memiliki tanda bekas sakit kusta. Tapi siapa sangka Rasulullah menyebutkan namanya sebagai orang mulia. Bahkan Umar bin Khattab, sahabat yang mulia diminta agar meminta doa dari Uwais Al Qarni.

Begitu juga dengan Bilal bin Robah. Seorang mantan budak dari Ethiopia. Kulitnya yang hitam, bibirnya yang tebal dan rambutnya yang kriting seolah-olah tidak menunjukkan kualitas yang mengkilat. Termasuk juga sebuah nama yang sangat kau kenal,Luqman Al Hakim. Siapa sangka ia juga budak berkulit hitam.

Lalu bagaimana agar kau tahu mana yang emas dan mana yang batu biasa? Adakah cara agar kau tidak terlalu terpana dengan yang mengkilat?Ada. Dan caranya sederhana, tapi tidak mudah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anh, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam “Sesungguhnya Allah ta’ala telah berfirman : ‘Barang siapa memusuhi wali-Ku, maka sesungguhnya Aku menyatakan perang terhadapnya. Hamba-Ku senantiasa (bertaqorrub) mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu (perbuatan) yang Aku sukai seperti bila ia melakukan yang fardhu yang Aku perintahkan kepadanya.

Hamba-Ku senantiasa (bertaqorrub) mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka jadilah Aku sebagai pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, sebagai penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, sebagai tangannya yang ia gunakan untuk memegang, sebagai kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti akan Aku berikan kepadanya."
[Bukhari no. 6502]

Tidak semua yang mengkilat itu emas. Jangan mudah terpana dan tergoda. Wallahu a’lam.

2 thoughts on “Inikah Alasan Kenapa Banyak Orang Tertipu?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s