Apakah Kau Menolak karena Tak Suka?


Normalnya manusia ketika membenci sesuatu maka ia tidak akan mau menerima sesuatu dari yang dibenci. Tapi tidak demikian dengan orang yang beriman. Ia punya kelas yang lebih tinggi.

Orang yang beriman harus mau menerima kebaikan meski ia tidak senang dengan sumbernya. Ia tidak buru-buru melihat kualitas sumbernya kemudian berkata, "Ah, ngomong sih gampang, praktekkan dulu!!".

Ungkapan itu tidak salah. Memang mengingatkan dengan omongan itu gampang dan prakteknya sulit. Orang juga akan lebih termotivasi dengan contoh dari pada dengan omongan. Tapi itu bagi manusia pada umumnya, bukan orang beriman.

Bahkan, bila yang memberi nasihat adalah orang yang tidak disukai, hal itu tidak terlalu berpengaruh. Bagi orang yang beriman, yang penting adalah nasihatnya, isinya. Selama isinya adalah kebaikan ia harus mengambilnya.

Dengan demikian, orang yang beriman akan menjadi pemilik hikmah, kebijaksanaan, kebaikan yang ada. Ia akan mengambilnya dari manapun asalnya.

Bagaimana dengan dirimu kawan? Sudahkah kau menghilangkan ketidaksukaanmu untuk mengambil kebaikan? Atau kau masih seperti manusia pada umumnya, masih mempertimbangkan suka atau tidak suka?

Cukuplah ungkapan dari Nabi Syu’aib as kepada kaumnya menjadi peringatan. "Hai kaumku, janganlah hendaknya pertentangan antara aku (dengan kamu) menyebabkan kamu menjadi jahat hingga ditimpa azab seperti yang menimpa kaum Nuh atau kaum Hud atau kaum Shalih, sedang kaum Luth tidak (pula) jauh (tempatnya) dari kamu. (QS. Huud: 89)

Karena ketidaksukaan kaumnya kepada Nabi Syu’aib, mereka enggan menerima nasihat darinya. Padahal nasihat Nabi Syu’aib adalah keselamatan. Susah? Pasti. Apa nikmatnya berjuang bila mudah? Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s