Kini Jamannya Penjual yang Harus Hati-Hati


Dulu, saat yang menjual barang dan jasa masih sedikit, konsumen harus berhati-hati. Bila tidak, bisa-bisa ia tertipu oleh penjual. Penjual masih sangat sedikit dibanding pembeli. Saat itu penjual adalah raja.

Semua itu karena informasi. Sebagian besar pengetahuan soal mobil dimiliki oleh penjual mobil. Pembeli hanya bisa mengangguk-anggukkan kepala. Kalaupun penjual melebihkan atau mengurangi nilai mobil, tidak ada yang tahu.

Begitu juga dengan penjual hape. Dulu, informasi tentang kualitas hape sepenuhnya dimiliki penjual hape. Lebih dan kurangnya kualitas hape terserah penjual. Sementara pembeli hanya bisa menerima informasi tersebut.

Sekarang, pembeli juga sudah punya akses informasi lewat internet. Ketika seseorang akan membeli mobil, ia akan mencari tahu dulu apa kelebihan dan kekurangan mobil yang ada. Kalau perlu ia harus berselancar di dunia maya dalam waktu lama untuk bisa mendapatkan pengetahuan yang penting tentang mobil.

Tidak hanya itu, setelah bertransaksi, bila ia merasa ditipu ia bisa berkicau kepada banyak orang. Ia posting di facebook, twitter, dan lain sebagainya.

Sebagaimana gambar di atas. Sebuah contoh agar para penjual barang dan jasa (untuk kasus di atas, petugas parkir dan perusahaan yang memperkerjakan mereka) berhati-hati. Tidak hanya muncul di koran, kekecewaan para pembeli atau pengguna jasa juga muncul di dunia maya lewat blog dan akun facebook-ku.

Makanya, berhati-hatilah wahai para penjual!!!!! Wallahu a’lam.

Bila kau merasa artikel ini bermanfaat, bagikan juga kepada orang lain..

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s