Begini Cara Memeriksa Apakah Sholatmu Sudah Benar?


Eid Al AdhaIslam adalah agama yang komplit. Semua sisi kehidupan di atur. Islam tidak hanya mengatur yang serius macam politik, sosial, ekonomi, bisnis dan keamanan. Islam juga mengatur, tidur, makan, berpakaian bahkan soal membuang kotoran.

Namun lengkap dan komplitnya Islam ternyata juga bisa disederhanakan. Rasulullah sendiri menyatakan bahwa, “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.”

Jadi, sebenarnya Islam yang diajarkan oleh Rasulullah yang sangat komplit itu bertujuan untuk sesuatu yang sangat sederhana, menyempurnakan akhlak. Hadits di atas bisa jadi sudah kau hafal di luar kepala.

Suatu ketika Rasulullah saw bertanya kepada para sahabat, “Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?” Para sahabat pun menjawab, “Orang yang bangkrut adalah yang tidak punya uang dan tidak punya harta benda.”

Namun Rasulullah kemudian menyempurnakan jawaban mereka. Beliau menunjukkan bahwa yang bangkrut ialah mereka yang di akhirat datang dengan membawa pahala sholat, puasa dan zakatnya. Tapi semua pahala itu berubah menjadi tumpukan dosa.

Alasannya, orang yang membawa pahala sholat, puasa dan zakat ketika di dunia juga sering menyakiti orang lain. Dia pernah mencaci orang, menuduh orang sembarangan, memakan harta dengan jalan batil, membunuh, memukul orang lain. Maka, semua pahala dari sholat, puasa dan zakat akan diberikan kepada orang yang telah ia sakiti.

Tidak sampai di situ. Bila kejahatan yang ia lakukan belum impas dengan pahala yang ia miliki, maka dosa orang yang ia aniaya akan diberikan kepadanya. Jadilah ia orang yang bangkrut. Datang dengan pahala sholat, puasa dan zakat, tapi yang terjadi malah ia membawa dosa orang lain.

Ini semua karena akhlak yang buruk. Sholatnya tidak mampu merubah akhlaknya menajdi lebih baik. Puasanya tidak mampu menrubah akhlaknya menjadi mulia. Zakatnya tidak mampu membuatnya berakhlak mulia.

Sholat, puasa, dan zakat yang istimewa ternyata bisa jadi tidak berarti karena akhlak yang buruk. Tapi bukankah ada hadits yang menerangkan bahwa sholat adalah ibadah yang akan diperiksa pertama dan menjadi penilaian amal yang lain?

Ya, betul memang ada hadits yang menerangkan bahwa amal yang pertama kali dihisab adalah sholat. Begitu sholatnya baik, maka amal lainnya baik. Tapi bila sholatnya buruk, maka amal lainnya juga buruk.

Tapi jangan mengira bahwa orang yang bacaan, gerakan, dan pelaksanaan sholatnya baik, secara otomatis amal lainnya akan menjadi baik. Karena di dunia bisa jadi kita melihat orang yang sholatnya rajin, menyakiti orang lain juga rajin. Apakah ini berarti bahwa menyakiti orang lain akan menjadi baik?

Hadits bahwa sholat adalah amal yang diperiksa pertama ini justru menjelaskan hadits tentang orang yang bangkrut di hari Akhir.

Dengan kata lain, bila amalnya tidak baik, akhlaknya tidak baik, bisa jadi sholatnya tidak baik. Bila kau masih gampang marah, mudah menggunjing, gampang memukul, itu adalah pertanda sholatmu tidak baik.

Karena sholat yang sebenarnya itu bisa mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Maka bila kau masih melakukan perbuatan keji dan munkar, itu adalah pertanda bahwa sholatmu belum sholat yang benar. Buktinya, sholatmu belum mampu merubahmu menjadi orang yang berakhlak mulia.

Apakah ini berarti lebih baik tidak sholat asalkan akhlaknya yang benar? Tentu saja ini jauh lebih salah. Wong yang sholat saja kadang sholatnya belum benar, apalagi bila tidak sholat, sangat jelas tidak benar.

Maka, tanyakanlah kepada dirimu. Sudahkah ibadahmu, sholat, puasa dan zakat yang kau lakukan sudah mampu memperbaiki dirimu untuk menjadi orang yang berakhlak mulia? Mampukah ibadah yang kau lakukan membuatmu jadi muslim yang sempurna?

Semoga jadi bahan renungan bersama. Wallahu a’lam.

Sumber: Isi khutbah Ust. Suherman Rosyidi. Masjid Al Quddus, Semolowaru Surabaya, 13 Januari 2017

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s